Sesi Luring Kejurnas IV Pagar Nusa Siap Digelar, Peserta Wajib Negatif Rapid Tes

0
375
Wajah-wajah Optimis para Kontingen dalam Pembukaan Kejurnas III Pagar Nusa

JAKARTA – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) IV Pagar Nusa Sesi luring siap digelar di Padepokan Pencak Silat TMII pada 25 sampai 27 Maret 2022 besok. Segala persiapan termasuk menyangkut standar protokol kesehatan telah disiagakan panitia.  

“Termasuk di dalamnya terkait layahan rapit tes untuk seluruh peserta. Bismillah insya Allah dengan dukungan semua pihak semuanya akan berjalan lancar selamet,” jelas Ketua Panitia Kejurnas Sastro Adi Wiyono, Senin, 21 Maret 2022.

Menurutnya, antusiasme peserta cukup tinggi justru di last minute menjelang batas akhir penutupan pendaftaran. Hingga masa pendaftaran ditutup pada Ahad, 20 Maret 2022, Total 20 Kepengurusan Wilayah Pagar Nusa telah mendaftarkan kontingennya. Setidaknya ada 300 medali yang akan diperebutkan, yang terdiri dari kategori seni, jurus baku, dan festival. 

“Alhamdulillah total pesertanya hampir 500-an. Karena kebijakannya tanpa penonton, kami tengah upayakan seluruh pertandingan bisa disaksikan secara live streaming melalui akun offficial Pagar Nusa,” urainya.           

Kejurnas IV Pagar Nusa mengangkat tema “Berdikari Berprestasi”. Tema ini diangkat bercermin pada perjuangan para ulama NU dan para pendiri bangsa ini yang selalu berdikari.

“KH Hasyim Asyari beliau membangkitkan para pemikir dan ulama dengan berdikari. Proklamator kita dan para pendiri bangsa kita juga mengupayakan dengan berdikari,” terang pria yang akrab dipanggil Gus Sastro ini menjelaskan.

Selain itu, menurut dia, para pendiri Pagar Nusa juga memulai gerakannya dengan berdikari. Bahkan, kata dia, Nabi MuhammadSAW juga memulai dakwahnya dengan berdikari. Menurut Gus Sastro, itulah yang menjadi alasan Pagar Nusa mengangkat tema “Berdikari Berprestasi”.

“Artinya, berdikari itu mengandung kepercayaan diri, berdaulat, menentukan langkahnya sendiri. Itu dipandang bukan kemampuan, tapi sebagai anugerah,” tutup Gus Sastro. (sam)